Kandungan Protein Tauge yang Sangat Bermanfaat

Meningkatkan Kesuburan, Mencegah Hipertensi

Berdasarkan berat kering, protein tauge kacang hijau meningkat menjadi 119 persen dibandingkan dengan kandungan awal pada biji. Hal ini disebabkan terjadinya sintesa protein selama germinasi. Tauge kedelai mengandung lebih banyak energi, protein, dan lemak daripada tauge kacang hijau. Selama proses berkecambah, terjadi hidrolisis protein yang menyebabkan kenaikan kadar asam amino di dalam kecambah. Terlihat dengan jelas bahwa tauge merupakan sumber asam amino esensial yang sangat potensial serta dengan komposisi yang lebih baik dibandingkan dengan kedelai.

Dibandingkan dengan tauge kacang hijau dan kacang tunggak, tauge kacang kedelai memiliki keunggulan dalam hal energi, protein, lemak, dan vitamin A. Namun, ditinjau dari kandungan kalsium dan fosfor, tauge kacang tunggak lebih unggul. Ketiga jenis tauge tersebut merupakan sumber vitamin C yang cukup bagus, masing-masing mengandung 15 mg per 100 gramnya. Hingga saat ini tauge dipercaya sebagai bahan pangan untuk meningkatkan kesuburan (antimandul). Kepercayaan tersebut timbul kemungkinan terkait dengan kenyataan bahwa tauge adalah sumber vitamin E (alfa-tokoferol) yang cukup potensial.

Menghilangkan Penyebab Kembung Perut

Bakteri-bakteri yang terdapat dalam saluran pencernaan (terutama pada bagian usus halus) akan memfermentasi rafinosa menghasilkan berbagai macam gas, seperti karbondioksida, hidrogen, dan sejumlah kecil metan. Gas-gas tersebutlah yang menyebabkan flatulensi.

Meskipun tidak bersifat toksik, flatulensi dapat berakibat serius. Peningkatan tekanan gas dalam rektum dapat menyebabkan tanda-tanda patologis, seperti sakit kepala, pusing, penurunan daya konsentrasi, atau sedikit perubahan mental dan odema. Flatulensi juga dapat berakibat pada timbulnya dipepsi dan konstipasi usus serta diare.

Beberapa tindakan seperti perendaman kacang-kacangan dalam air, proses berkecambah, serta fermentasi menjadi berbagai produk olahan, dapat mencegah timbulnya flatulensi yang disebabkan oleh oligosakarida. Melalui perkecambahan, kandungan oligosakarida penyebab flatulen, yaitu rafinosa dan stakhiosa, dapat dikurangi. Dengan demikian, mengonsumsi tauge tidak akan menyebabkan gejala perut kembung.

Melipatgandakan Kadar Vitamin B dan E

Tauge mempunyai vitamin lebih banyak dibandingkan dengan bentuk bijinya. Selama berkecambah, kadar vitamin B meningkat 2,5 sampai 3 kali lipat. Demikian juga dengan vitamin E, mengalami peningkatan dari 24-230 mg per 100 gram biji kering menjadi 117-662 mg per 100 gram kecambah. Vitamin C yang tidak terdapat dalam biji kedelai, mulai terbentuk pada hari pertama berkecambah hingga mencapai 12 mg per 100 gram setelah 48 jam.

Peningkatan vitamin B1 (thiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), piridoksin, biotin juga terjadi selama proses berkecambah. Proses berkecambah juga meningkatkan kandungan vitamin E (tokoferol) secara nyata. Vitamin E memiliki fungsi antara lain untuk meningkatkan fertilitas (kesuburan). Itulah sebabnya pasangan yang ingin segera memiliki keturunan sangat dianjurkan untuk mengonsumsi kecambah.

Mencegah Osteoporosis

Selain itu, tauge juga mempunyai estrogen semulajadi berfungsi sama dengan estrogen sintesis. Estrogen dalam tauge dapat meningkatkan kepadatan dan susunan tulang, serta mencegah kerapuhan tulang (osteoporosis)

Kecantikan

Tauge bermanfaat juga untuk kecantikan kulit kita, karena tauge mengandung vitamin E yang tinggi. Vitamin E merupakan antioksidan yang dapat melindungi sel dari serangan radikal bebas. Kalau kita konsumsi vitamin ini, otomatis kulit akan lebih cerah dan lebih bersinar. Tauge yang berbahan dasar kacang juga dipercaya kaya protein, protein yang utama dan esensial sangat bagus untuk pergantian kulit.

Sel-sel yang rusak memerlukan pergantian dan sangat membutuhkan protein. Semua jenis kacang-kacangan, seperti kacang hijau kulitnya bisa dimakan karena seratnya yang tinggi. Kalau kita makan kacang hijau dengan kulitnya, otomatis lemak di usus akan terikat oleh si serat sehingga tidak terserap. Otomatis kalau lemak kita berkurang kulit menjadi lebih halus, dan tidak mudah berjerawat. Tapi semua serat bisa mengurangi lemak membantu metabolisme gula dan kolesterol.

Selain itu juga mengandung beberapa vitamin dan mineral, oleh karenanya tauge sangat bagus untuk kecerahan kulit dan menghilangkan vlek-vlek di wajah akibat jerawat dengan adanya pergantian sel-sel tersebut, tauge sendiri akan lebih baik ketika dimakan mentah, walaupun enak juga untuk diolah. Dengan memakannya bermentah-mentah zat gizi yang terkandung tidak akan berkurang. Antioksidan yang dibutuhkan untuk kesehatan dan kecantikan akan berfungsi secara maksimal.

Melancarkan Pencernaan

Satu lagi khasiat tauge yang tidak kurang hebat adalah membantu membuang kotoran dalam usus besar karena mengandungi banyak serat dan air. Inilah yang menjadi tunjang utama tauge dalam memerangi sel kanser.

Apabila kotoran segera meniggalkan usus besar, tiada lagi zat-zat racun dalam kotoran yang yang dapat diserap tubuh. Ia akan mencegah pengumpulan bahan beracun yang dapat merangsang berseminya benih kanser. Selepas membaca kebaikan sayur tauge janganlah ragu-ragu lagi untuk mengambilnya.

(Sumber:berbagai sumber)

GET : |PDF|DOC|
GET COMPLETE : |PDF|DOC|

Posted on March 7, 2011, in Kesehatan and tagged , , , , , , , . Bookmark the permalink. 12 Comments.

  1. Maaf mas, mau nanya,, kalau mata pucat itu bisa diobati pake tauge ga ya? sudah bawaan mata sayu soalnya..

    terus kalau vitamin E yang dijual di pasaran bagaimana ya? makasih..

    • mata pucat apa bisa diobati pke tauge tu saya kurang tau mbak. klu bwat mata sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi bahan pangan yang banyak mengandung Vit A saja. kalo Vit E d pasaran sebaiknya memilih yang berkualitas bagus saja, kualitas bagus identik dengan mahal. karena kalo yang murah biasaya banya campuran tepungnya…
      makasih…

  2. kandungan vitamin E lebih banyak di tauge kacang hijau atau tauge kecambah?

  3. MAS, MAU TANYA… KALO TOGE YANG MEMAKAI BAHAN PENGGEMUK ITU BAHAYA APA TIDAK UNTUK DIKONSUMSI. Trims MAS….

  4. asllkm,
    mas kalo mw bwt badan lebih berisi, mana yg lebih cepat? makan kacang hijau? atau tauge kacang hijau? atau kacang kedelai? atau tauge kacang kedelai?
    terimakasih

    • waalaikum salam mas candra, untuk berat badan pastinya membutuhkan lemakuntuk menambahnya. secara kondisi normal, dengan penambahan kandungan lemak maka berat badan bisa bertambah. Dari literatur yang sudah saya baca untuk kandungan lemak yang lebih tinggi yaitu tauge kacang kedelai. terima kasih..

  5. Lowongan Kerja Standard Chartered Bank :

    Jabatan : Customer Service

    Persyaratan : – Usia min 22th, max 30th
    – Tamatan S1
    – Pengalaman kerja Min 2th di Banking
    – Berdomisli di jakarta Utara

    Silakan kirimkan lamaran anda :
    Standard Chartered Bank

    Jl. Marina Raya No. 1 Blok E, Ruko Cordoba, Pantai Indah Kapuk, Bukit Golf Mediterania 14460 Jakarta Utara
    No. Telphone : 021-56983750 (Ext. 54300)

    NB : Hanya Kandidat yang memenuhi syarat yang akan di hubungi.

    Thank You

  6. apakaah bner taoge bisa menurunkan berat badan?

    • untuk masalah berat badan ada hubungannya dengan kandungan lemak, untuk kandungan lemak tauge tersebut lebih tinggi pak, jadi dari segi kandungan lemak tersebut maka tauge bisa dibilang dapat menambah berat badan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: