JAMU

Jamu adalah sebutan untuk obat tradisional dari Indonesia. Belakangan populer dengan sebutan herba atau herbal. Jamu dibuat dari bahan-bahan alami, berupa bagian dari tumbuhan seperti rimpang (akar-akaran), daun-daunan dan kulit batang, buah. Ada juga menggunakan bahan dari tubuh hewan, seperti empedu kambing atau tangkur buaya (Anonimous, 2007c).

Khasiat dan manfaat jamu tradisional sudah dikenal sejak turun-temurun. Sampai sekarang ramuan yang dipercaya mampu mengobati berbagai keluhan masih tetap eksis. Baik untuk pencegahan penyakit sampai pengobatan gangguan kesehatan (Mia, 2006).

Menurut Boesri (1994), dalam penggunaannya tanaman obat diambil pada bagian-bagian yang diyakini berkhasiat seperti pada jamu, batang, bunga, rimpang, maupun umbi. Pada daun contohnya Daun Ketapang (Cassia clata L), Daun Pepaya (Carrica papaya L), Daun Tapak Dara (Vinca rosea L), pada batang contohnya Batang Kina (Pichona succirubra), pada bunga contohnya Bunga Kanikir (Tegetes ersela),  dan Bunga Piretrum (Pyrethrum cineradiaefolium Trag). Sedangkan pada rimpang misalnya Rimpang Lempulung Wangi (Zingeber aromantica Val), dan Rimpang Pancing (Sostrus specionsus Smith). Adapun umbi-umbian yang dapat digunakan sebagai bahan obat antara lain: Kunyit (Curcuma domestica), Temulawak ((Curcuma xanthorriza), Kencur (Caempferia galanga), dan sebagainya (Utami, 1995).

Menurut Hargono (1993), penggunaan obat dari bahan alam atau tradisional mempunyai keuntungan sebagai berikut:

1.      Bahan alam mempunyai efek samping yang sangat kecil atau bahkan hampir tidak ada, karena adanya faktor intrinsik yang dapat menetralisir efek samping yang ditimbulkan oleh zat aktif.

2.      Penggunaan obat dari bahan alam kurang drastis aktivitas kerjanya bila dibandingkan dengan zat murni yang diisolasi dari bahan alam yang bersangkutan.

3.      Bahan alam mempunyai khasiat yang lebih lengkap apabila dibandingkan dengan zat aktif tunggal yang diisolasi dari bahan alam.

Posted on February 23, 2011, in Kesehatan, Produk Agroindustri and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: