Bubuk Gambir

Bahan baku

Analisis bahan baku merupakan suatu aspek penting yang dikaji dalam suatu pendirian industri. Analisis berguna untuk mengetahui potensi dari bahan baku dan untuk memproyeksikan ketersediaan bahan baku di masa mendatang. Selain itu, analisis bahan baku memegang peranan penting dalam penentuan kapasitas produksi dan penekanan biaya pada batas optimal dalam pemenuhan bahan baku.

Bahan baku yang digunakan untuk pengolahan gambir berupa daun. Dalam hal pengadaan bahan baku, diperlukan penyeleksian yang ketat terhadap bahan baku yaitu daun yang akan digunakan. Karena mutu bahan baku mencerminkan kualitas dari gambir yang akan dihasilkan. Untuk mendapatkan bahan baku yang bermutu tinggi, maka sebelumnya kami akan melakukan klarifikasi terhadap pedagang pengumpul di tingkat petani tentang spesifikasi bahan baku yang dibutuhkan. Oleh karena itu, diperlukan kerjasama dengan pihak – pihak yang terkait dalam pengadaan bahan baku.

Dalam pengadaan bahan baku, nantinya akan diadakan kerjasama dengan pihak petani yang ada di sentra gambir, sehingga diharapkan mampu mengatasi atau memperkecil resiko kekurangan bahan baku karena bukan hanya dengan satu petani saja yang diajak bekerjasama tetapi juga beberapa orang petani yang dikoordinir oleh seorang pengumpul daun gambir. Selain itu manfaat lain yang didapatkan adalah pembelian bahan baku dapat dilakukan secara efektif dan efisien. Hal ini nantinya juga akan mempermudah dilakukannya penyuluhan kepada petani tentang arti pentingnya bahan baku yang berkualitas agar petani yang menjadi mitra perusahaan sebagai pemasok bahan baku mampu menghasilkan kualitas daun gambir yang baik dalam jumlah yang cukup.


Proses produksi

diagram alir Gambar Diagram Alir Proses Pembuatan Bubuk Gambir.

Proses produksi  diawali dengan pemilihan bahan baku. Bahan baku yang digunakan untuk pembuatan bubuk gambir berupa daun. Setelah itu, dilakukan penimbangan bahan baku. Bahan baku yang diperlukan untuk kebutuhan produksi selama satu hari adalah sebesar 6.250 kg.

Setelah ditimbang, proses selanjutnya adalah perebusan daun gambir yang telah diseleksi dan ditimbang. Perebusan digunakan untuk melayukan daun gambir untuk memudahkan proses selanjutnya yaitu pengempaan. Proses pengempaan digunakan untuk mengeluarkan getah gambir yang terkandung dalm daun. Getah gambir akan lebih optimal dapat dikeluarkan dari dalam daun pada kondisi daun masih pada suhu tinggi. Dalam proses perebusan dan pengempaan daun gambir kami menggunakan mesin kempa hidrolik yang mempunyai tiga fungsi utama yaitu tempat pemanasan daun, penghasil uap air panas dan pengempaan daun bertenaga hidrolik. Kapasitas tempat pemanasan daun gambir maksimum 100 kg. Waktu yang dibutuhkan dalam proses perebusan selama 40 menit. Sedangkan tekanan pengempaan pada daun sebesar 16 bar. Getah hasil pengempaan ditampung dan diendapkan pada bak pengendapan. Setelah diendapkan menjadi pasta kemudian dikeringkan pada mesin pengering selama . menit. Kemudian pasta gambir yang telah kering dihancurkan dalam mesin penghancur. Setelah dihancurkan kemudian diayak dengan mesin ayak. Granula pasta gambir yang tidak lolos dari pengayakan dimasukkan lagi ke mesin penghancur. Sehingga akan didapatkan bubuk gambir dengan ukuran yang homogen. Proses terakhir yaitu pengemasan. Dalam satu kemasan bubuk gambir mempunyai berat bersih 20 kg.

Sumber: berbagai sumber

Posted on February 15, 2011, in Produk Agroindustri and tagged , , , , . Bookmark the permalink. 4 Comments.

  1. Dmn bisa membeli bubuk gambir yg sdh jadi?

    • menurut informasi yang saya dapat, di daerah kalimantan itu diproduksi dalam jumlah besar. tetapi untuk ekspor gan…
      untuk lebih tepatnya mengenai daerahnya saya kurang pahamm..

      ntar klu saya ada info mengenai ini pasti saya kabari melalui email anda..
      OK gan???

  2. apa bapak membutuhkan gambir,,,,,,???
    saat ini saya ada gambir sekitar 10 ton, dan saya mampu memenuhi produksi gambir 15 ton / minggu,,,
    kalau bapak ada peluang silahkan hubungi saya di nomor 081374010038…

  3. saya rinaldi, ketua asosiasi petani gambir indonesia. terima kasih untuk informasi mengenai gambir yang sudah di share di blog ini. untuk lebih lanjut, kami siap untuk kerjasama dalam hal pengolahan dan penyediaan bahan baku gambir.
    silakan kontak dan email kami ke : apeginasional@yahoo.com, HP 0852 6354 7768

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: